Tata Tertib Siswa

Article Index

 

Dalam setiap lembaga apapun ada peraturan atau tata tertib, apalagi sebuah lembaga pendidikan formal tata tertib mutlak dibutuhkan, hal ini bertujuan untuk menjaga agar setiap komponen sekolah dapat bekerja dan berjalan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Namun perlu digarisbawahi bagaimanapun lengkap dan sempurnanya sebuah tata tertib akan bergantung sepenuhnya kepada orang yang menjalankannya. Percuma aturan baik tapi pelaksanaannya tidak baik, sebaliknya walaupun aturan kurang sempurna tetapi dilaksanakan ditaati dengan penuh tanggungjawab makan menjadikan itu semua lebih baik. Berikut ini kutipan tata tertib sekolah :

 

image

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAMAYU

UPTD PENDIDIKAN KRANGKENG

SMA NEGERI 1 KRANGKENG

Jln. Raya Krangkeng No.1 Telp. (0234) 7006485 Indramayu Kodepos 45284

website : sman1krangkeng.sch.id, email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

TATA TERTIB SISWA

 

BAB I

PENDAHULUAN

Pasal 1

Ketentuan Umum

  1. Sekolah yang disebutkan dalam Tata Tertib ini adalah SMA Negeri 1 Krangkeng Kabupaten Indramayu. Adapun definisi sekolah secara luas adalah lembaga pendidikan dan pengajaran yang secara formal berfungsi untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam upaya mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
  2. Sekolah sebagai wawasan wiyata mandala, mengemban amanat tujuan pendidikan nasional sebagai perwujudan dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yakni manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Mahaesa, berbudi pekerti luhur, memiliki rasa tanggung jawab, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  3. Sekolah Sebagai lembaga pendidikan formal diharapkan menjadi sumber disiplin dan tempat berdisiplin untuk mencapai ilmu pengetahuan yang dicita-citakan.
  4. Yang dimaksud siswa adalah semua peserta didik yang ada di sekolah yaitu kelas X, kelas XI dan kelas XII pada tahun pelajaran 2010/2011; dalam pengertian khusus, siswa dapat dibedakan menjadi dua pengertian yaitu: siswa adalah peserta didik laki-laki, dan siswi adalah peserta didik perempuan.
  5. Yang dimaksud guru adalah semua pendidik dan/atau pengajar yang ada di sekolah baik yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pun yang bukan PNS termasuk di dalamnya guru BK/BP dan GTT.
  6. Yang dimaksud kepala sekolah adalah pengambil kebijakan tertinggi di sekolah dalam hal ini adalah Drs. H. SADIMO
  7. Yang dimaksud dengan karyawan adalah Kepala Tata Usaha beserta bawahannya sebagai tenaga kependidikan di luar guru pelatih dan kepala sekolah.

BAB II

HAK DAN KEWAJIBAN SISWA

Pasal 2

Hak Siswa

  1. Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan dan pengajaran sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 32 ayat 1.
  2. Setiap siswa mempunyai hak sesuai dengan Undang-Undang nomor 2 tahun 1989; tentang sistem pendidikan nasional.
  3. Setiap siswa berhak mendapat pendidikan dan pengajaran sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh sekolah.
  4. Setiap siswa berhak menikmati fasilitas yang ada di lingkungan sekolah berdasarkan dan menurut ketentuan yang berlaku.
  5. Setiap siswa berhak untuk berkonsultasi, baik mengenai perbaikan sikap maupun perbaikan situasi belajar di sekolah melalui cara dan prosedur yang telah ditetapkan.
  6. Setiap siswa berhak untuk mengembangkan bakat, potensi, dan kemampuannya sesuai dengan aturan yang berlaku.
  7. Setiap siswa berhak mendapatkan perlakuan yang adil dan bijaksana sesuai dengan aturan yang berlaku.
  8. Setiap siswa berhak mendapatkan ketenangan dalam belajar.

 

Print Email

Offers and bonuses by SkyBet at BettingY com