Pengukuhan Anggota Ekstrakurikuler

Krangkeng,[5-2-2022] Pengukuhan hari minggu, 5 Februari 2022 Mulai Pkl 07.00 sd. 15.30 WIB. Kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan di sekolah adalah bagian integral dari pembinaan kesiswaan sebagaimana halnya penyelenggaraan proses belajar mengajar. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui surat keputusan nomor: 0461/U/1984 tentang pembinaan kesiswaan menegaskan bahwa kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu jalur dari 4 (empat) proses pembinaan kesiswaan.
Oleh karena itu, seluruh kegiatan ekstrakurikuler harus mengacu kepada proses pencapaian tujuan sekolah yaitu sebagaimana diungkapkan dalam buku petunjuk pengelolaan OSIS (1993: 3) bahwa tujuan sekolah adalah:

“…memberikan bekal kemampuan kepada siswa untuk mengembangkan kehidupan sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan anggota umat manusia…dan meningkatkan kemampuan siswa dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, dan alam sekitarnya.”

Dalam kerangka pencapaian tujuan sekolah itu, salah satu strategi pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler di SMA Negeri 1 Krangkeng adalah dengan cara mengelompokkan siswa ke dalam 5 (lima) kegiatan ekstrakurikuler, yaitu: PRAMUKA (Praja Muda Karana), PMR (Palang Merah Remaja), PRAJABARA (Praja Pengibar Bendera), PKS (Patroli Keamanan Sekolah), dan KIR (Kelompok Ilmiah Remaja).

Sebagaimana maksud penyelenggaraan ekstrakurikuler, yakni: “…menyalurkan potensi, minat, dan bakat para siswa agar dapat tumbuh dan berkembang secara wajar, teratur, terarah, dan optimal…(Dikdasmen, 1992: 147)”, maka dalam proses kegiatannya di SMA Negeri 1 Krangkeng, siswa sebagai anggota/peserta dituntut untuk memiliki kualifikasi dan syarat yang telah ditentukan berdasarkan pengetahuan dan ketrampilan secara bertahap.

Dengan demikian, diajarkan kepada siswa tentang adanya proses berjenjang dalam kehidupan mulai ia menjadi seorang “calon” anggota/peserta sampai ia menjadi seorang aktivis, pengurus, atau pemimpin kelak. Pada tiap jenjang pencapaian kualifikasi yang ditentukan itu, dilakukan suatu proses yang disebut pelatihan dan pelantikan.

Pelantikan merupakan suatu proses inisiasi di dalam organisasi. Ketika ia telah mencapai kualifikasi tertentu, ia meneguhkan kembali di dalam batinnya, di dalam jiwanya, mensyukuri, merenungi apa yang telah didapat sehingga pada gilirannya kelak ia harus siap mengemban tanggung jawab-tanggung jawab sosial sebagai konsekuensi atas apa yang dimiliki di dalam dirinya.

Atas dasar pemikiran itulah, kami bermaksud menyelenggarakan acara Pelantikan Anggota Ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Krangkeng Tahun Pelajaran 2021/2022 dalam suatu bentuk Kegiatan Pengukuhan. Walaupun Masih Dalam Kondisi Pandemi COVID-19 kegiatan ini tetap berjalan tetapi tetap menerapkan Protokol Kesehatan Supaya Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar.

Pengukuhan tersebut di laksanakan pada hari minggu, 5 Februari 2022 Mulai Pkl 07.00 sd. 15.30 WIB. Adapun yang terlibat dalam kegiatan tersebut yaitu Pembina setiap ekstra dan panitia guru sejumlah 12,  Peserta kelas sebagai calon anggota ekstrakurikuler sejumlah 337 siswa dan Panitia Dewan Instruktur  sejumlah 107 siswa. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala SMAN 1 Krangkeng, bpk Drs. Supiyanto M.Pd.

 

 530 total views,  2 views today

Related Post

SnekerKeren!, salah satu Visi keren adalah Kreatif, yaitu mewujudkan peserta didik yang kreatif untuk meningkatkan outcome, mencapai prestasi terbaik, berinovasi Read more

Krangkeng, 30/12/2021. Bpk Kepala Sekolah, Drs. Supiyanto, M.Pd mengadakan pembinaan dan penyampaian aspirasi dari Pengurus OSIS dan MPK Masa Bakti Read more

Hari Sumpah Pemuda yang ke- 93 yang jatuh pada Kamis 28 Oktober 2021,  diharapkan menjadi momentum para pemuda untuk bersatu Read more

Dokumen yang berhubungan dengan Pendidikan Kepramukaan dan peraturan terbaru Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Read more

Leave a Reply