43 Peserta KSN Mengikuti Simulasi KSN-K Secara daring.

SnekerKeren!, 43 siswa SMAN 1 Krangkeng mengikuti pelaksanaan simulasi Kompetisi Sains Nasional Kabupaten (kSN-K) yang bertempat di Laboratorium Komputer sekolah. pada hari rabu (18/05/2022).

Simulasi dilaksanakan secara online yang dipandu langsung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset Dan Teknologi memlalui bidang Pusat Prestasi Nasional. Adapun waktu simulasinya selama 120 menit. Adapun tujuan pelaksanaan Simulasi adalah menguji kesiapan sarana dan prasarana, kesiapan proktor dan teknisi serta mengenalkan bagaimana cara menjawab soal serta manajemen waktu menjawasb soal oleh peserta.

Dalam edaran Pusat Prestasi Nasional nomor 0683/J3/DM.02.00/2022 menjelaskan bahwa sekolah untuk menyelenggarakan kegiatan simulasi selama dua hari sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, yaitu tanggal 17 untuk sinkronisasi oleh proktor dan tanggal 18 dan 19 Mei 2022 untuk pelaksanaan simulasi oleh siswa. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan sistem aplikasi dan juga latihan bagi peserta didik yang mengikuti KSN-k nantinya.

Kepala sekolah melalui Wakasek Kurikulum, Damir menyampaikan bahwa sampai saat ini sekolah sudah menyiapkan teknis maupun non teknis dalam mengikuti ajang bergengsi yaitu kompetisi Sains Nasional. Sebab kompetisi ini bagian pertaruhan kualitas sebuah lembaga pendidikan. Persiapan ini juga sudah sangat matang, dimulai dari bimbingan peserta oleh Bapak Ibu Guru Yang kompeten dibidangnya masing-masing pada bulan Awal Februari 2022 sampai hari H pelaksanaan KSN-K.

“43 peserta yang mengikuti simulasi kSN-K adalah yang anak-anak sudah lolos seleksi pada pada tahap sebelumnya, sebab sekolah juga melaksanakan secrening untuk siapa-siapa yang akan mewakili sekolah pada kegiatan KSN-K nanti,” ungkapnya.

Screening tersebut melalui penjaringan nilai rapor, minat dan bakat siswa serta pemilihan oleh bapak ibu guru pembimbinga dengan melihat keseriusan peserta mengikuti bimbingan KSN-K.

Lebih lanjut Damir menambahkan antusias anak-anak dalam mengikuti seleksi lumayan tinggi, yaitu ada 85 siswa yang mendaftar. Akan tetapi yang dipilih adalah 5 besar dari bidang yang di kompetisikan. Adapun bidang studi tersebut meliputi Matematika, Fisika, kimia, biologi, geografi, kebumian, astronomi, ekonomi, dan TIK. Namun untuk tahun sekarang keliatannya Bidang Astronomi masih belum begitu menarik bagi para siswa karena kuota 5 orang yang mendaftar hanya 3 orang.

Pelaksanaan KSN-K nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 23 s.d 25 Mei 2022 mendatang berbasis ANBK. Serta sekolah bisa memastikan kesiapan mengikutinya mulai dari tempat pelaksanaannya termasuk perangkatnya serta tenaga ( proktor, teknisi, dan pengawas). Pengawasan KSN-K nanti melalui mekanisme silang dari gulis krangkeng – kedokan bunder – juntinyuat.

@dam190522

 110 total views,  2 views today

Related Post

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh, Syalom, Om Swastiastu, Namo Buddhaya, S alam Kebajikan, Salam sejahtera dan salam sehat bagi kita sekalian. Saudara Read more

SnekerKeren!, salah satu Visi keren adalah Kreatif, yaitu mewujudkan peserta didik yang kreatif untuk meningkatkan outcome, mencapai prestasi terbaik, berinovasi Read more

Snekerkeren!, Program Beasiswa Jabar Future Leader Scholarship (JFLS)  dengan alamat website https://beasiswa-jfl.disdik.jabarprov.go.id/ merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi Jawa Read more

Menurut Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua  oleh Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Read more

Leave a Reply